BERBAGI
Avanoustic.net – Jutaan orang di Inggris dan Eropa bagian utara telah turun ke jalan untuk melihat fenomena gerhana matahari terbaik tahun ini.
Gerhana matahari total ini terjadi pada hari Jumat kemarin, pada tanggal 20 Maret 2015, dan telah membuat decak kagum dari mereka yang telah melihatnya secara langsung, demikian BBC News mewartakan.
Orang-orang yang tertarik untuk melihat sekilas fenomena langka tersebut telah disarankan untuk tidak melihatnya secara langsung. Mereka juga telah dihimbau untuk memakai kaca mata pelindung khusus saat mengarahkan pandangannya ke arah gerhana.
Ragam
Photo: Stargazing Live/BBC One
Dari atas Kepulauan Faroe, kru kamera dari BBC telah berhasil menangkap rekaman yang sangat mengejutkan dari bentuk gerhana matahari yang mencapai totalitas di zona waktu 09:41 GMT. Bayangan gelap dengan lingkaran tepi berwarna terang yang kemudian berubah menjadi merah, terbentuk dengan sangat sempurna.
Sedangkan di bagian Inggris, gerhana matahari mencapai setidaknya 83%, dengan kegelapan total terjadi di sekitar 09:35 GMT. Menurut para ilmuwan, waktu yang tepat dan tingkat gerhana sangatlah bervariasi, tergantung dengan lokasi.
“Ini adalah gerhana parsial besar pertama yang terjadi di Inggris sejak tahun 1999, dan yang berikutnya tidak sampai Agustus 2026. Jadi, ini adalah kesempatan sekali dalam satu generasi”, kata Prof Giles Harrison.
“Dengan mengamati apa yang terjadi pada hari Jumat, secara efektif kita dapat melihat langit Inggris menjadi laboratorium raksasa cuaca, memberikan kita kesempatan langka untuk melihat apa yang terjadi ketika Anda memandang matahari”.
Dan untuk Kepulauan Shetland, gerhana matahari mencapai puncaknya pada 09:43 GMT dan sangat dekat totalitas, yaitu 97% dari lingkaran sempurna matahari yang tertutup oleh Bulan.

LEAVE A REPLY